Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

BIKIN GEGER! SEJUMLAH PRAJA MEMBANTU WARGA SETEMPAT MEMBERSIHKAN SAMPAH DI DESA PANGKALAN!

BIKIN GEGER! SEJUMLAH PRAJA MEMBANTU WARGA SETEMPAT MEMBERSIHKAN SAMPAH DI DESA PANGKALAN!

Dalam rangka menanggulangi Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) Sampah liar, sejumlah warga Desa Pangkalan dan perangkat desa bersama-sama melakukan pembersihan tumpukan sampah di wilayah ruas jalan desa pangkalan dibantu oleh sejumlah praja yang sedang melaksanakan Bakti Karya Praja (BKP) di desa pangkalan.

Wilayah ruas jalan Desa Pangkalan ini dulunya sebagai program Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang sempat gagal. Dalam hal ini, masyarakat desa bersama-sama melakukan penyisiran sampah dengan mengangkut tumpukan sampah dan membakarnya sebagian. Hal tersebut rutin dilakukan dalam setiap minggunya dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini sengaja dilakukan pada saat siang hari menuju sore hari dikarenakan warga setempat banyak yang memiliki kesibukan dalam mata pencahariannya sehingga dengan pengaturan waktu tersebut tidak menganggu waktu pekerjaan masyarakat desa pangkalan, mengingat mayoritas pekerjaan warga masyarakat desa pangkalan adalah buruh tani dan pedagang yang aktivitasnya banyak dilakukan pada saat pagi hari.

Awalnya untuk mengatasi permasalahan sampah di desa pangkalan perangkat desa membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang lokasinya terletak di pinggir ruas jalanan desa pangkalan. Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sebagai program baru desa pangkalan ini bertujuan untuk pembangunan bank sampah, pemilihan sampah dan tempat perbaikan kendaraan mobil sampah. Selain itu, TPS ini juga akan melakukan pemilahan sampah, sehingga sampah yang masih bisa didaur ulang akan diolah. Sampah yang tidak dapat diolah akan dibawa ke TPA. Artinya, sampah yang miliki nilai ekonomis ini akan diolah guna mendapat PAD dari sektor sampah. Sayangnya, program ini tidak berlangsung lama pada desa pangkalan dikarenakan kurangnya koordinasi antar perangkat desa dan masyarakat desa, selain itu kurangnya juga kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan sampah ini.

Saat ini, masyarakat desa pangkalan bersama-sama berupaya mengatasai permasalahan sampah liar yang menumpuk di pinggir ruas jalan desa pangkalan ini dengan dilakukannya pengangkutan dan pembakaran sampah yang dibantu oleh sejumlah Praja yang sedang melakukan Bakti Karya Praja (BKP) di Desa Pangkalan untuk membangun wilayah desa pangkalan yang lebih sehat dan bersih.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler