Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEJARAH DESA PANGKALAN

SEJARAH DESA PANGKALAN

Desa Pangkalan merupakan salah satu dari  14 Desa yang terletak di Ibu Kota Kecamatan Bojong dengan luas wilayah. 182,72 Km2, secara geografis Desa Pangkalan berada di dataran tinggi sehingga sebagaian besar merupakan  wilayahnya berupa lahan peratanian dan perkebunan . Sedangkan sisanya diperuntukkan sebagai  lahan pekarangan, perkantoran dan  tanah lainnya.

Desa Pangkalan terletak pada ketinggian ± 2000 meter dari permukaan laut. Sedangkan jumlah penduduk laki-laki  1426 jiwa, perempuan 1334 jiwa, jumlah seluruhnya  2760 jiwa, atau 943  KK dengan kepadatan penduduk 1429,45 / km.

Batas batas wilayah Desa Pangkalan :

  • Sebelah Utara : Desa Sukamanah
  • Sebelah Timur : Desa Cibingbin
  • Sebelah Selatan : Desa  Neglasari Kecamatan Darangdan
  • Sebelah Barat : Desa  Nangewer Kecamatan Darangdan

Sedangkan keadaan orbisitas dan jarak tempuh Desa Pangkalan dengan kota Kecamatan Bojong, kota Kabupaten Purwakarta, Propinsi Jawa Barat relative mudah untuk dijangkau oleh masyarakat Desa. Keterbatasan angkutan menuju ke Ibu kota Kabupaten, Propinsi dan Kecamatan tidak menjadi masalah mengingat alat transportasi sudah semakin meningkat. Ini terbukti gerak perekonomian dan perdagangan masyarakat Desa sudah semakin meningkat.

Untuk mengetahui letak / jarak Desa Pangkalan dengan pusat – pusat Ekonomi dan  Pemerintahan yang ada di Purwakarta dapat disimak sebagai berikut :

  • Jarak ke Ibu kota Kecamatan : 1,4 km
  • Jarak ke Ibu kota Kabupaten : 32 km
  • Jarak ke Ibu kota Propinsi : 48 km
  • Waktu tempuh ke ibu kota Kecamatan :   7 menit
  • Waktu tempuh ke ibu kota Kabupaten :  1  jam
  • Waktu tempuh ke ibu kota Propinsi :  2  jam

KEADAAN  SOSIAL

Kondisi sosial masyarakat Desa Pangkalan bersifat agamis dengan menjunjung toleransi yang tinggi, kegotong royongan serta kesetiakawanan yang cukup terjaga.

KEADAAN  EKONOMI

Seperti kebanyakan masyarakat di pedesaan, sebagian masyarakat yang ada di Desa Pangkalan bermata pencaharian sebagai petani atau pekebun. Sebagian lainnya ada peternak, pedagang dan profesi-profesi lainnya.

KEADAAN SARANA DAN PRASARANA DESA

Keadaan sarana dan prasarana Desa Pangkalan secara umum sudah cukup memadai baik sarana transportasi, sarana pendidikan, sarana ibadah, sarana kesehatan, dan sarana pemerintahan kesemuanya sudah dapat melayani masyarakat Desa Pangkalan. Terkecuali mungkin untuk sarana transportasi jalan desa masih perlu perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta untuk segera memperbaikinya agar dapat dengan nyaman dilalui oleh masyarakat.

KONDISI PEMERINTAHAN DESA

Pemerintahan Desa Pangkalan dari segi kepuasan masyarakat memang masih belum sesuai dengan harapan. Masih terdapat permasalahan serta keinginan/aspirasi masyarakat yang belum terwujud. Namun sejauh ini Pemerintahan Desa Pangkalan terus melalukan upaya perubahan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga kepuasan masyarakat juga akan semakin meningkat. Apalagi berdasarkan hasil pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021 Desa Pangkalan menyandang status Desa Mandiri tentunya beban kedepannya bagi pemerintahan desa akan semakin berat.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler